Saturday 2 February 2013

pengertian tentang HTML


HTML (Hypertext Markup Language) adalah bahasa program yang digunakan untuk menulis format dokumen yang dapat digunakan dalam Web. Dengan HTML, teks ASCII (file *.txt) dapat dipoles (di-mark-up) dengan kode-kode tertentu yang disebut tag untuk menjadi dokumen HTML (file *.htm atau *.html). Oleh karena itu, untuk membuat dokumen HTML, anda bisa menggunakan semua program teks editor biasa, mulai dari Notepad hingga MS Word. Untuk mudahnya, kita gunakan program Notepad. Bukalah program Notepad. Bila anda belum tahu caranya, klik Start > Programs > Accessories lalu Notepad. Sekarang ikutilah dengan seksama latihan-latihan berikut satu demi satu.
A. PENGENALAN KODE HTML
Dalam program Notepad anda, tulislah seperti ini:
Masing-masing baris di atas disebut tag. Tag adalah kode yang digunakan untuk me-mark-up (memoles) teks ASCII menjadi file HTML. Setiap tag diapit dengan tanda kurung runcing. Ada tag pembuka yaitu dan ada tag penutup yaitu yang ditandai dengan tanda slash (garis miring) di depan awal tulisannya. Tag di atas memberikan faidah bahwa yang akan ditulis diantara kedua tag tersebut adalah isi dari dokumen HTML. Perlu anda ketahui bahwa tag-tag html dapat ditulis dengan huruf besar ataupun huruf kecil. Artinya, penulisan atau atau sama saja hasilnya. Namun perlu selalu diingat bahwa penulisan tag yang salah meskipun hanya satu karakter akan berpengaruh terhadap dokumen HTML anda, bahkan bisa berakibat dokumen HTML anda tidak bisa ditampilkan dalam browser.
Isi dari dokumen HTML yang sesungguhnya adalah yang ditulis diantara tag .
Tulisan ini akan tampak dalam browser.
Lihatlah hasil karya anda yang pertama!
Tulisan ini akan tampak dalam browser.
Dalam tag BODY ini bisa kita sisipkan bermacam-macam atribut yang akan berpengaruh terhadap format atau tampilan halaman web secara keseluruhan.
Tambahkan atribut BGCOLOR dan TEXT ke dalam tag body sebagai berikut:
Dan Tulisan ini akan tampak dalam browser.
Maka akan tampaklah hasilnya:
Tulisan ini akan tampak dalam browser
Penentuan warna pada HTML bisa dengan nama warna (dalam bahasa Inggris) dan bisa pula dengan kode warna. Kode warna ditulis dalam format heksa #rrggbb. Contoh :
(#000000 black) , (#808000 olive) , (white
#FFFFFF)
Dengan demikian, kode HTML untuk contoh di atas bisa ditulis sebagai berikut:
Sekarang bukalah kembali source code tambahkanlah tag-tag berikut ini:
B. MENGUTAK-ATIK HURUF
Tag-tag ini berfungsi untuk mengubah tipe huruf yaitu menebalkan (bold), membuat tulisan miring (italic) atau memberi garis bawah (underline). Buka lagi program Notepad kemudian tuliskan seperti berikut ini:
Tipe-tipe Teks
<BODY
C. HEADER ATAU KEPALA TULISAN
Untuk menuliskan judul bab atau sub bab. Ada enam tingkatan header mulai dari H1 hingga H6. H1 adalah header yang paling besar dan H6 adalah header yang paling kecil. Coba tulis dalam Notepad anda sebagai berikut:

Header level 1

Header level 2

Header level 3

Header level 4

Header level 5
Header level 6

semoga informasi ini bermanfaat :D

No comments:

Post a Comment